Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) di Sekolah YP IPPI

1. Membaca Al-Quran Sebelum Belajar


Suara lantunan ayat-ayat suci yang dibacakan serempak oleh para siswa pun seolah memenuhi setiap ruangan. Suasana syahdu nan indah lantunan alquran pun begitu terasa. Terlebih  tak hanya Siswa  SMP IT yang bertadarus, namun semua siswa SMA dan SMK YP IPPI.

Dengan kegiatan tadarus tersebut, Pihak sekolah dapat ikut menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap para siswanya selama berada di sekolah.
Dampak langsung dari membaca Alquran, kata Abdul Basit Siswa Kls XII bisa menghafal surat-surat pendek yang ada di dalam Alquran.

2. Literasi Sekolah

Sekolah berperan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa dan guru untuk mendongkrak literasi bangsa. Sekolah dapat mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca hingga menulis.

Di sekolah YP IPPI Jakarta tidak hanya menyediakan perpustakaan dengan fasilitas buku-buku yang menarik dan ruangan perpustakaan nyaman, tetapi pembelajaran di sekolah pun dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi siswa.


3. Jumat  Berkah

Seluruh Siswa/Siswi Guru dan juga karyawan SMP-SMA-SMK YP IPPI Jakarta, membaca surah Yasin sebelum memasuki ruang kelas, setiap Jumat. Hal tersebut berguna untuk melatih para murid menanamkan nilai-nilai keimanan di sekolah.

Salah seorang guru, Bpk Arpan Siregar, Jumat (18/5/2018) mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan para murid kepada Alloh SWT. Siangnya dilanjutkan dengan shalat Jumat bersama Siswa Guru dan karyawan.

4. Study Tour

Diselenggarakan di akhir  tahun ajaran, untuk mengajak anak-anak ke obyek-obyek wisata, seperti museum atau tempat-tempat lain yang dipilih. Kegiatan ini selain menyenangkan bagi anak-anak juga menambah  ilmu pengetahuan setelah mengikuti pembelajaran selama satu tahun ajaran di kelas. Serta  kegiatan ini tidak memberatkan bagi orang tua dari segi pendanaan.

 5. Kesehatan

Bekerjasama dengan PUSKESMAS di lingkungan SMP-SMA-SMK YP IPPI, pemeriksaan gigi, mata dan kesehatan pada umumnya rutin dilakukan tanpa dipungut biaya. Imunisasi juga dilakukan mengikuti program imunisasi yang didanai oleh pemerintah, menjadikan anak murid lebih terpantau dan terjaga kesehatannya.

 6. Pramuka

Ekstra kulikuler ini mendidik murid-murid agar memiliki jiwa kepemimpinan, kebersamaan, suka menolong dan gotong royong. Nilai-nilai dasar yang selama ini hampir dilupakan oleh sekolah-sekolah yang lain. Penanaman nilai-nilai ini dilakukan dengan berbagai macam kegiatan yang melibatkan seluruh anggota pramuka.

 

Related Posts

Facebook

Twitter